mari kejar islam

Sumber-sumber Potensial Peluang

Posted on: 22 Januari 2011


Sumber-sumber Potensial Peluang
Proses penjaringan ide disebuts c r e e n i n g yang merupakan suatu cara terbaik untuk
menuangkan ide potensial menjadi produk atau jasa riil. Adapun langkah-langkah dalam
penjaringan ide (screening) ide dapat dilakukan dengan cara Menciptakan produk baru
dan berbeda, mengamati pintu peluang, analisis produk dan proses produksi secara
mendalam, menaksi biaya awal, dan memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi
Menciptakan Produk Baru dan Berbeda
Produk dan jasa yang dibuat harus menciptakan nilai bagi pembeli, untuk itu wirausaha
harus benar-benar mengenal perilaku konsumen di pasar.
Ada dua unsur pasar yang perlu diperhatikan:

Permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan

Waktu penyerahan dan waktu permintaan barang/jasa
Kemampuan untuk memperoleh peluang, sangat bergantung pada kemampuan wirausaha
untuk menganalisis pasar, yang meliputi aspek:

Analisis demografi pasar

Analisis serta tingkah laku pesaing

Analisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat
dianggap dapat menciptakan peluang
Mengamati Pintu Peluang
Wirausaha harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:

Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru

Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru

Dukungan keuangan

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar
Kemampuan pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan
mengamati kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal
barunya.
Pintu peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):

Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat

Kerugian teknik harus rendah

Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya

Pesaing tidak memiliki teknologi yang canggih

Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi
pasarnya

Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan
produk barunya
Memperhitungkan Resiko yang Mungkin Terjadi
Resiko pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi
pasarnya

Kesamaan dan keunggulan produk yang dikembangkan pesaing

Tingkat keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknya

Seberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru
Resiko teknik adalah kegagalan dalam proses pengembangan produk. Sedangkan resiko
finansial adalah kegagalan yang timbul akibat ketidakcukupan dana

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Selamat

selamat datang di bloger Moh. syarifuddin

kata gori

kalender

Januari 2011
S S R K J S M
    Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 3,232 hits

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2 pengikut lainnya.

milan

Klik tertinggi

  • Tidak ada
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: